Tutorial Masuk dan Mengerjakan Soal Moodle

Aplikasi untuk pembelajaran berbasis online sudah menjadi hal wajib selama masa Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, selain melalui aplikasi Google Form di Google Classroom, saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya mengakses dan mengerjakan soal di aplikasi Moodle berbasis web. Mengapa harus Moodle? Aplikasi ini adalah aplikasi yang umum digunakan oleh sekolah menengah dan tingkat universitas. Anda bahkan bisa mengakses menggunakan smartphone Anda.
Ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

Mengakses Situs Ujian/Ulangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situsnya. Perhatikan contoh di bawah
Sebagai contoh, Guru Anda membagikan penugasan melalui Google Classroom untuk mengakses situsnya. Anda hanya klik/tap tautan yang diposting tersebut untuk mengakses ke halaman situs Moodle. Setelah masuk ke halaman Moodle, Anda diharuskan untuk mengisi username dan password seperti di bawah ini.
Untuk kelas-kelas yang saya ajar di SMP Katolik Santo Albertus Sampit, saya akan bagikan username dan password-nya melalui Google Classroom, sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat akun dan sebagainya.

Memulai Ulangan/Ujian

Setelah mengisi username dan password, Anda akan langsung menuju ke halaman latihan/ujian/ulangan seperti contoh di bawah:
Dari gambar di atas, Anda harus memperhatikan beberapa keterangan seperti:
– Attempts allowed: 1
Artinya, Anda hanya diperbolehkan mengerjakan 1 kali, apabila Attempts allowed: 2 berarti Anda bisa memperbaiki pekerjaan Anda apabila kurang puas dengan hasil sebelumnya atau ada kendala teknis seperti hilang sinyal, force close (aplikasi menutup dengan sendirinya), atau kehabisan paket data.
– Time limit: 1 hour
Artinya, Anda hanya memiliki waktu 1 jam untuk mengerjakan semua soal. Apabila lewat dari waktunya, secara otomatis akan menutup dengan sendirinya dan Anda tidak bisa membuka kembali (kecuali Attempts allowed: 2, 3, 4, dst…)
Apabila Anda sudah memahami, silahkan klik Attempt quiz now untuk mulai mengerjakan soal yang sudah disiapkan oleh guru Anda.

Mengerjakan Ulangan/Ujian

Perhatikan contoh di bawah
Setelah Anda klik tombol Attempt quiz now akan muncul pop up seperti di atas. Untuk masuk ke soal silahkan klik Start Attempt.
Gambar di bawah ini adalah contoh tampilan dari halaman soal pada aplikasi berbasis Moodle.
Perhatikan gambar di atas, ada beberapa keterangan yang harus Anda pahami.
Quiz Navigation bisa digunakan untuk melompat dari soal satu ke soal yang lain, Anda tinggal klik kotak yang berisi angka. Sebagai contoh, Anda ingin langsung menuju ke soal nomor 6, klik kotak kecil berangka 6.
Finish attempt… bisa Anda klik di tengah-tengah soal untuk langsung mengirimkan hasil jawaban Anda, atau dengan kata lain Anda menyerah untuk mengerjakan semua soal dan ingin mengakhiri tanpa menjawab/hanya menjawab sebagian soal.
Time left adalah keterangan sisa waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan semua soal, harap diperhatikan sisa waktunya agar tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan.
Next page untuk beralih ke urutan soal berikutnya.
Apabila soalnya pilihan ganda, Anda tinggal klik/tap pada gambar lingkaran kecil di masing-masing pilihan jawaban.

Mengirim Hasil Ulangan/Ujian

Apabila sudah menjawab semua soal, Anda bisa melihat ada tombol di pojok kanan bawah seperti pada gambar berikut
Selain pada kolom Quiz Navigation, Anda bisa klik tombol Finish attempt pada soal nomor terakhir apabila telah selesai mengerjakan semua soal. Perhatikan gambar di bawah.
Anda dapat klik/tap tombol Return to attempt apabila Anda masih kurang yakin dan ingin memeriksa kembali hasil pekerjaan Anda. Hal itu dapat dilakukan dengan catatan apabila masih ada waktu tersisa.
Apabila merasa sudah yakin atau mungkin pasrah, Anda bisa langsung klik tombol Submit all and finish.

Melihat Nilai Hasil Pekerjaan

Setelah klik tombol Submit all and finish, akan muncul pop up seperti contoh di bawah
Klik tombol Submit and finish sekali lagi sehingga Anda akan masuk ke halaman rekap hasil pekerjaan Anda seperti contoh di bawah.
Bagaimana? Mudah bukan? Semoga dari tutorial singkat ini dapat Anda pahami untuk belajar menggunakan aplikasi ujian berbasis web. Oh ya, untuk mengaksesnya apabila Anda membuka dari Google Classroom akan langsung diarahkan membuka halamannya melalui browser smartphone Anda masing-masing. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar